Pemkot Bogor sebut pengunjung Istana untuk Rakyat meningkat

Bogor (ANTARA News) РDinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah  Kota Bogor, Jawa Barat, menyatakan Program Istana untuk Rakyat atau Istura yang lebih dikenal Istana Open pada 10-14 September 2018 berjalan sukses dengan meningkatnya jumlah pengunjung.

“Tahun ini tercatat 59.171 kunjungan, atau meningkat drastis dari 22.000 kunjungan pada tahun 2017,” kata Kepala Disbudpar Kota Bogor Shahlan Rasyidi di Bogor, Rabu (26/9/2018).

Ia mengatakan tahun 2018  ini Disbudpar memasang target 25 ribu kunjungan. Target tidak jauh dari capaian tahun 2017 yakni sekitar 22 ribu pengunjung.

Kegiatan Istura atau Istana Open dilaksanakan pada 10 sampai dengan 14 September 2018. Jumlah pengunjung membludak pada hari pertama yakni mencapai 19 ribu orang yang berkunjung ke Istana Bogor.

Menurut Shahlan, meningkatnya jumlah kunjungan dua kali lipat dari tahun sebelumnya karena beberapa faktor di antaranya sosialisasi yang gencar melalui media sosial.

“Selain ada tambahan promosi kunjungan ke Istana gratis masuk Kebun Raya Bogor dan lima museum yang ada di Kota Bogor,” katanya.

Kegiatan Istura merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) yang dperingati setiap tanggal 3 Juni.

Istura sudah menjadi kalendar acara wisata di Kota Bogor yang diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bogor.

Disbudpar menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bogor meningkat 10 persen dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2017 jumlah wisatawan mencapai lima juta, tahun 2018 ditargetkan 6,7 juta, hingga September sudah tercapai 75 persen,” kata Shahlan.

Menurutnya, selain meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bogor, kegiatan Istura secara tidak langsung juga memberi manfaat meningkatnya kegiatan ekonomi masyarakat.

“Selama kegiatan Istura berlangsung, banyak warga yang berjualan di sekitar Balai Kota, Kebun Raya dan sekitar museum yang dikunjungi masyarakat,” kata Shahlan.

Shahlan menambahkan sektor pariwisata masih menjadi penyumbang PAD terbesar bagi Kota Bogor. Pada tahun 2017 total PAD dari sektor wisata sebesar Rp217 miliar.

Di tingkat Jawa Barat, Kota Bogor termasuk salah satu daerah prioritas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara bersama Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bogor.

Disbudpar Kota Bogor akan terus menggelar kegiatan Istana Open setiap tahunnya, dan dikemas dengan kegiatan yang lebih menarik ke depannya.

Baca juga: Istana Bogor terbuka untuk warga 10-14 September

Baca juga: Agenda wisata di Bogor sepanjang Agustus 2018

Pewarta:
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2018